Saturday, 14 May 2016

MISTERI DUNIA - BLACK HOLE



Assalamualaikum guys! Oke, kali ini saya ingin sharing tentang Black Hole ni. Tapi, kali ini, penulisnya bukan cuma tasya, tapi Tekad juga ikut andil dalam pembuatan postingan ini (yg dulunya pernah bantu nulis Metode Belajar Anak Zaman Sekarang). Penasaran atau malah membosankan? Tenang2, ini nggak sama kaya pelajaran disekolah. Anggap refreshing otak ya guys. Check it out!!!



Di galaksi kita ini, banyak sekali benda2 luar angkasa yg belum kita ketahui, mulai dari bintang neutron, lubang cacing, dan Black Hole *Nggak ada dibuku pelajaran kita guys. Ini  perkembangan dari fisika modern yang seiring waktu sering mengalami perubahan hipotesis (Belum terdefinisikan secara fisik)

Apa itu black hole?
Black hole adalah suatu objek ruang angkasa yang merupakan gravitasi yang sangat kuat(saking kuatnya ia dapat menyerap semua benda benda langit yang berada disekitar horizonnya dan cahaya pun tidak bisa lari darinya). black hole ini tidak dikenal secara menyeluruh. Black hole juga diperkirakan memiliki ukuran empat juta kali lebih besar dari matahari.

Bagaimana black hole bisa terbentuk?
Menurut J. Robert Oppenheimer Black Hole terbentuk jika suatu bintang besar kehabisan bahan bakar dan massa nya tidak bisa menopang gravitasinya sehingga meledak.

ledakan bintang ini sangat dahsyat bahkan bisa mengahncurkan planet atau benda lain di sekitarnya dengan tahunan cahaya, ledakan ini terbagi 3 yaitu, Nova, SuperNova, dan HyperNova

Setelah ledakan terjadi, maka inti dari bintang ini menarik benda2 lain hingga satuan atom, setelah ledakan akan terjadi 3 kemungkinan
1. terbentuknya planet kecil (kerdil, planet, atau benda lainya (ada juga kemungkinan tercipta bintang baru)
2. terbentuknya bintang neutron yg diketahui sebagai objek tercepat dengan kecepatn putarnya adalah 500x putaran dalam 1 detik
3. Jika inti dari bintang ini memiliki gravitasi sangat kuat, maka akan menciptakan suatu ruang yg disebut Black Hole


Apa saja bagian bagian dari black hole?
Black Hole memiliki 2 ruang
1.adalah bagian luar yang di sebut Event horizon yg memiliki daya tarik kuat sesuai kedalamanya
2.adalah titik terdalam dan ini dari black hole, yaitu suatu variable Unidentified yang disebut titik Singularity


Pada bagian horizon, kita akan ditarik dan semakin dalam maka akan semakin kuat. Dan diperkirakan, bahwa pada titik horizon dan singularity memiliki perbedaan gravitasi yang sangat besar. (Gravitasi Horizon < Singularity)

sesuai teori einstain bahwa jika manusia bisa mencapai kecepatan cahaya maka akan terjadi perbedaan ruang dan waktu atau disebut time paradox
begitu p
ula dengan kuatnya gravitasi black hole yg bahkan cahaya pun tidak bisa menembusnya

Apa itu gravitasi? Darimana gravitasi berasal? (lagi proses nulis)

Bagaimana dengan lawan dari blackhole (menghisap >< mengeluarkan)
Baru2 ini para peneliti mengatakan bahwa terdapat 1 lubang lg yg menjadi lawan black hole dimana jika black menghisap semua yg ada didekatnya maka yg satu ini akan memuntahkan seperti time travel dengan jarak jauh, lubang ini di sebut White Hole, white hole akan memuntahkan semua objek yg dihisap oleh black hole. Sama seperti bagaimana alam semesta ini dilahirkan(teori bigbang). Namun, hal ini hanya sebatas Hipotesis, karna keberadaan White Hole belum ditemukan dan belum ada bukti tentang kejadian white hole ini (Black hole menghisap dan white hole yg mengeluarkan. Proses yang mengeluarkan ini yang belum ditemukan peristiwanya, bendanya juga)


salah satu penelitian lainya adalah penciptaan Black Hole yg dibuat oleh manusia dengan menembakan atom proton dan elektron sehingga tercipta black hole, tapi proyek ini juga dihentikan karena di takutkan black hole akan menghisap semua benda disekitarnya sehingga bumi sendiri yg dihisapnya.
(Ane nggak tau darimana sumbernya)

Bagaimana cara untuk pergi ke black hole?
Haha, ini pertanyaan yang menurut saya sangat menarik namun beresiko plus banget. Black hole terdekat dibumi memiliki jarak 50 juta tahun cahaya. Jika, kita pergi dengan kecepatan cahaya, maka baru akan sampai di lubang hitam terdekat dalam waktu ribuan tahun cahaya saking jauuuhnya black hole terdekat ini. Entah besok, ada yang berhasil sampai disana? Hehe, siapa tau XD

Apa yang terjadi ketika kita memasuki black hole?
Hal ini belum dapat dibuktikan dan hanya terdapat hipotesis. Tapi, penulis mempunyai dua hipotesis yang berbeda.
1  1.     Ketika memasuki titik singularity, kita akan hancur berkeping-keping. karena gravitasi antara singularity dan horizon sangat berbeda sehingga gravitasi akan saling tarik dan menghancurkan benda tersebut karena kuatnya tekanan gravitasi, perbedaan ini juga menciptakan relasi ruang dan waktu karena kuatnya. Misalnya  : perbedaan gaya gravitasi antara titik horizon dengan singularity adalah 1:100000000..00 maka, akan terjadi momen inersia yang sangat kuat sehingga sesuatu akan terbagi2 ketika memasuki zona horizon dan singularity dalam waktu yang sama. (hipotesis yang dianut tekad)

2   2.     Ketika kita memasuki titik singularity, kita akan dibawa ke dimensi lain atau alam semesta yang lain atau kita akan mati sebelum sampai ketempat black hole itu berakhir. Penulis(tasya) berpendapat, bahwa ketika kita berada dititik horizon dan singularity diwaktu yang sama, kita hanya akan tertarik kedalam titik singularity lebih jauh lagi, karna disana hanya terjadi perbedaan gravitasi yang tidak merubah massa dari benda itu sendiri. Kecuali jika arah gravitasinya berbeda (cth : atas-bawah, kiri-kanan, kiri-terlalu kekiri dll). Menurut penulis, arah gravitasinya adalah sama karna gravitasi pada titik horizon dan singularity berpusat pada satu inti, yaitu black hole itu sendiri. (Hipotesis yang dianut tasya)

3  3.     Manusia akan mati sebelum sampai ketempat tujuan terakhir black hole. Para ilmuwan berargumen, bahwa ketika kita berada dititik singularity akan terjadi pelebaman waktu (cth : 1 detik = 1 tahun) karna kita akan tertarik dengan kecepatan tahun cahaya saking kuatnya gravitasi dititik singularity itu. Bayangkan saja, ketika kita baru 10 menit melewati titik singularity, kita sudah menua sampai menjadi seseorang yg berusia 600 thn +. Itu adalah argument dari beberapa ilmuwan lainnya. (ane lupa sumbernya)

Apa yang ada didalam black hole?
          Belum ada yang tahu apa sebenarnya sesuatu dibalik black hole. Tapi, tentu saja, pertanyaan-pertanyaan ini mengundang beberapa hipotesis-hipotesis dari manusia. Ada beberapa hipotesis yang saya ambil, tapi jangan sepenuhnya langsung menarik kesimpulan(percaya). Ini hanya sekedar hipotesis.
1   1.     Akan terdapat alam semesta baru. Yah, sebagian ilmuwan berargumen bahwa black hole dapat mengantar kita ke alam semesta selain alam semesta yang kita lihat sekarang ini.
2  2.     Merupakan sarana untuk meloncati waktu. Ada juga beberapa ilmuwan yang berargumen bahwa ketika berada didalam black hole kita akan merasa waktu bisa menjadi terasa cepat karna kekuatan serapnya hingga mencapai berjuta juta tahun cahaya perdetiknya *masih hipotesis.
3   3.     Pikirkanlah lagi, mana tau menuai suatu hipotesis lainnya :D

Apa bumi bisa saja akan terhisap oleh black hole?
          Tentu bisa. Karna, black hole itu memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari ukuran mini (atom) hingga ukuran yang melebihi bintang(sangat besar). Bahkan, dikabarkan ada black hole yang sangat besar bahkan melebihi ukuran matahari digalaxy bima sakti kita ini. Namun, ilmuwan ilmuwan menegaskan bahwa bumi tidak akan terkena hisapan dari black hole. Karna, black hole berada sangat jauh dari bumi yaitu sekitar

Apakah ada pertanyaan lain lagi seputar black hole? Wah, black hole benar benar ada lo guys, hebat bukan? Tapi disatu sisi, black hole ini sangat berbahaya. Semua yang bisa dilakukan manusia sekarang adalah mengajukan argument dari teka teki black hole tersebut. Ternyata, Black hole masih menjadi misteri dunia.

Penulis
Tekad abdul aziz (sensei)
Tasya marliani (Anak Kepo :v)

Dikutip dari berbagai sumber ^^

0 comments:

Post a Comment