Saturday, 14 May 2016

DARIMANA DATANGNYA GRAVITASI?



Assalamualaikum wr wb. Wah, siang ini cerah banget ya guys, sama kaya hati tasya *curhat ni? Plakk. Oke2, Kali ini saya mau bagi bagi info fisika astronomi ni. Sebenarnya, gravitasi itu apaan sih? Darimana sih gravitasi? Gravitasi bla bla bla. Menurut tasya, topic tentang gravitasi ini cukup menarik walaupun sedikit membuat kepala miring miring *becanda. Oke, check it out!!

Pengertian gravitasi
Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.  Dan arah gaya gravitasi ini menuju pusat benda yang memiliki massa tersebut. Tentu saja, gaya gravitasi dapat dirasakan pada benda yang memiliki massa yang sangat besar. Cth : Matahari, Bumi, Bulan, planet2.

Bagaimana dengan manusia? Apa manusia memiliki gaya gravitasi? Dari pengertian gaya gravitasi tadi, tentu saja manusia juga memiliki gaya gravitasi karna manusia juga memiliki massa dan tentu saja dengan jumlah yang sangat kecil sehingga tidak dapat dirasakan oleh kita. (contoh perbandingan antara gaya gravitasi manusia dan bumi adalah 10000….000 : 1). 

Jadi, intinya gaya gravitasi berbanding lurus dengan massa. Ini sesuai dengan teori newton yaitu F = mg.

Namun, bapak fisika kita, Albert Einstein mengemukakan kebenaran yang lain: bahwa gravitasi bukanlah gaya seperti yang kita sangka. Efek gravitasi semata-mata didapat dari kelengkungan ruang-waktu, dan bahwa benda-benda meluncur menuju ke pusat massa hanyalah karena mengikuti kelengkungan ruang.membuktikan kebenaran ini. Bahwa sinar bintang bisa membelok di dekat matahari karena lengkungan ruang waktunya.

Oke2, menurut saya teori newton dan relativitas Einstein ini benar. Namun, perbedaannya terletak pada 

Newton = ketika benda tersebut sudah tertarik (mendapatkan efek gravitasi/sudah dalam ruang lingkup gravitasi tersebut) dan lebih berkaitan dengan massa dan percepatan benda tersebut.

Einstein = benda tersebut belum terkena efek dari gravitasi (muncul dari tempat yang sangat jauh dan tidak terpengaruh oleh gravitasi apapun) dan datang dengan kecepatan cahaya, sehingga gaya gravitasinya diabaikan (sesuai rumus G nya dicoret menandakan gravitasi diabaikan) dan tidak tertarik malah melengkung mengikuti kelengkungan ruangnya. 

(Lebih lanjutnya lagi, periksa diinternet)

Darimana datangnya gravitasi?

Pertanyaan tersebut selalu berputar putar dibenak sebagian manusia, terutama para ilmuwan. 

Nah, ditahun 2016 ini, para ilmuwan berhasil mendeteksi gelombang gravitasi. (Gelombang gravitasi adalah 'riak-riak' gravitasi yang terbentuk saat dua buah benda dengan massa dan energi sangat besar bertemu dan saling berakselerasi(bergerak dengan percepatan yang makin cepat dengan waktu yang singkat(cth : dalam 1 detik black hole dipercepat sebanyak 1000000 thn cahaya/s2)). 

Peristiwa gelombang gravitasi ini dapat diibaratkan air yang diam ketika disentuh akan menciptakan riak air yang menyebar sampai ketepi air tersebut. Air : gravitasi --- riak air: gelombang gravitasi.

Gelombang gravitasi ini tercipta karna dua buah black hole yang sangat besar bertabrakan. Dan tabrakan ini, memiliki energy yang sangaaat besar sehingga dapat mengacaukan struktur ruang dan waktu (Pas kena gelombang gravitasi awalnya waktu melambat dan setelah itu cepat)

Sesuai dengan Teori relativitas dari Einstein di mana jika ada sebuah massa yang sangat besar berakselerasi, maka massa tersebut akan mampu mengubah struktur ruang dan waktu serta menghasilkan gelombang gravitasi. (jadi, teori Einstein ini benar. Selamat!!)

Dan tentu saja, tabrakan ini berada sangaat jauh dari bumi sehingga bumi hanya bisa merasakan gelombang gravitasi yang diciptakan, itupun harus memakai alat pendeteksi gravitasi ( berbentuk antena sepanjang 4 kilometer berbentuk L  di pusat penelitian LIGO di Washington dan Lousiana, Amerika Serikat). 

Diperkirakan ukuran 2 black hole itu adalah 29 dan 36 x matahari dan menghasilkan black hole baru dengan ukuran 62 x matahari (lebih seperti penyatuan 2 buah black hole)

Tunggu tunggu, itu baru gelombang gravitasi, bagaimana dengan pertanyaan tadi, “darimana datangnya gravitasi?”

Oke, saya berpendapat, bahwa tadi, tabrakan dua black hole yg saling berakselerasi menciptakan black hole baru dan membuat gelombang gravitasi(efek dari tabrakan dan penciptaan black hole baru). 

Nah, dalam proses penciptaan black hole baru ini, pasti ada juga proses pembuatan gravitasinya yang berada dipusat black hole tersebut.  Tadi disebutkan bahwa dua black hole yang saling berakselerasi dan akhirnya meledak karna bertabrakan. 

Jadi, kesimpulannya, gravitasi bisa dibuat dengan menyatukan dua unit benda dengan massa yang sangat besar dan saling berakselerasi dengan sangat cepat setelah itu saling bertabrakan. Sehingga, pecahan pecahan dari efek tabrakan tersebut bisa menjadi planet baru bahkan galaxy baru dengan tataan atau susunan yang sedemikian rupa.

Jadi, mungkin tabrakan ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan gaya gravitasi, yaitu dibutuhkan 2 / lebih benda yang bermassa jumbo (1000….000000000000000 kg)  dengan berakselerasi dengan kecepatan cahaya (100000….000000 thn cahaya/s2). (ingat, ini masih hipotesis sipenulis yang agak gila ini).

Mungkin sajakan, galaxy bima sakti ini dibuat dengan black hole yang saling bertabrakan?  Atau teori bigbang ada hubungannya dengan penciptaan gravitasi? Atau teori bigbang ada hubungannya dengan blackhole? Siapa taukan?

Ingat, khususnya untuk T-baka dkk, ini adalah sebuah hipotesis. sekian :)

0 comments:

Post a Comment